PULAU BERHALA, DESTINASI WAJIB TRAVELER MEDAN

Tentang Pulau Berhala
Pulau Berhala terletak di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Pulau seluas 2,5 km2 ini terletak di tengah birunya Selat Malaka. Karena terletak di perbatasan Indonesia dan Malaysia, Pulau Berhala tidak dihuni oleh penduduk sipil. Sebagai gantinya, pulau ini dijaga oleh sejumlah personil TNI Angkatan Darat dan marinir. Di Pulau Berhala, tidak ada hotel, villa, resort, atau penginapan komersil lainnya. Jika ingin bermalam pulau mungil ini, kamu dapat menempati mess marinir atau mendirikan tenda.

Tidak sulit untuk pergi ke Pulau Berhala. Dari Medan, kamu dapat mencapai Pulau Berhala melalui jalan darat selama 2 jam menuju Pelabuhan Tanjung Beringin. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan 3 jam perjalanan laut. Mengingat letaknya yang tidak terlalu jauh serta akses yang tergolong mudah, Pulau Berhala adalah pilihan tepat bagi traveler Medan yang ingin melarikan diri sejenak dari padatnya aktivitas sehari-hari.

What to Do in Berhala Island
Belum lama ini, Pulau Berhala mulai dilirik sebagai tujuan wisata. Kondisi pulau yang masih alami, air laut yang jernih, serta penangkaran penyu menjadi daya tarik utama Pulau Berhala. Setibanya di pulau, kamu akan merasakan segarnya udara pantai yang merupakan barang langka di perkotaan. Pemandangan perbukitan, serta panorama pantai berbatu yang indah akan memanjakan mata siapa pun yang berkunjung. Meski tidak terlalu luas, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menikmati Pulau Berhala.

First thing to do in Berhala Island is enjoying the beach! Sebagian pantai Pulau Berhala dihiasi oleh bebatuan cantik yang sangat bagus dijadikan obyek foto. Di bagian pantai yang lain, pasir putih yang lembut akan memanjakan kaki. Di depan bibir pantai, hamparan laut berwarna biru toska seakan memanggil untuk dijelajahi. Ketika hari menjelang sore, pantai Pulau Berhala juga menjadi spot romantis untuk menanti matahari terbenam.

Mau menikmati pagi di Pulau Berhala? Go grab your snorkeling gear! Perairan Berhala yang jernih dan tenang akan memanjakan siapapun yang hobi berenang dan snorkeling. Kondisi pulau yang masih terjaga menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang masih sangat alami. Kamu bisa bermain petak umpet dengan ikan-ikan lucu yang bersembunyi di balik terumbu karang. Keanekaragaman hayati Pulau Berhala juga diperkaya dengan keberadaan penangkaran penyu yang dikelola oleh dinas perikanan dan satuan marinir setempat. Penangkaran tersebut dibuat untuk menjaga kestabilan ekosistem Pulau Berhala sekaligus mencegah punahnya keberadaan penyu. Pada pagi-pagi tertentu, pengunjung Pulau Berhala dapat melihat pelepasan tukik (bayi penyu) yang telah dipelihara selama dua minggu.

Setelah puas berenang, kamu bisa menantang adrenalin dengan menaiki mercusuar yang memiliki 800 anak tangga. Usaha kamu berlelah-lelah menaiki anak tangga akan terbalas dengan pemandangan sekitar pulau dari ketinggian. Dari atas, kamu dapat melihat Pulau Sokong Nenek dan Pulau Sokong Datuk di tengah lautan lepas. Mercusuar ini dibangun oleh pemerintah untuk mengawasi wilayah perairan Pulau Berhala yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Untuk menutup hari di Pulau Berhala, barbecue bisa menjadi pilihan yang tepat. Sambil menikmati hidangan laut, kamu dapat melihat langit bertabur bintang sambil bercanda dan mengobrol bersama teman atau keluarga. Angin pantai yang sepoi-sepoi ditambah barbecue yang lezat pasti akan membuat liburan kamu semakin lengkap.

Tunggu apa lagi? Segera sahkan identitas traveler Medan kamu dengan berkunjung ke Pulau Berhala dengan paket tour dari Pinouva. Mau pergi dengan teman-teman, pacar, atau keluarga, Pulau Berhala selalu jadi destinasi seru untuk melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari.